Monday, November 11, 2019

Cegah Konflik Pilkada, Panwascam Dinilai Jadi Kunci



Pakpak Bharat, Geta Pakpak
Mencegah terjadinya konflik pada Pilkada 2020, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) menjadi kunci. Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Pakpak Bharat Sumut Saut Boangmanalu menyatakan Bawaslu akan memastikan melalui rekrutmen Panwascam Pilkada 2020 yang akan diselenggarakan pada November hingga Desember tahun ini. 

“Bila nanti Sumber Daya Manusia Panwascam kita mumpuni maka potensi-potensi konflik akan diantisipasi dini melalui pengawas Kecamatan” Kata Saut di Sekretariat Bawaslu Kabupaten di kawasan Amborgang Salak, Senin 11 November 2019.

Menurutnya, sekecil apapun potensinya harus ada upaya pencegahan, sehingga potensi konflik tidak menumpuk dan besar. Gesekan-gesekan pada Pilkada tidak dapat dihindarkan, apalagi di daerah seperti Kabupaten Pakpak Bharat yang tergolong sempit dengan jumlah penduduk paling sedikit di Sumut, akan tetapi bukan tidak mungkin pesta Demokrasi ini bila berlangsung riang gembira dan aman damai. Katanya optimis. 

Ia berharap semua pihak dapat mendorong terselenggaranya Pilkada Damai dengan cara keterlibatan publik melalui pengawasan partisipatif “Pengawasan Partisipatif inilah menjadi ruang kita secara bersama-sama, duduk bersama meretas sekat - sekat kebekuan silaturahmi pada saat berlangsungnya pesta demokrasi” Pungkasnya. (Rifqi).

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda ..

Ikuti Terus Portal Ini

SELAMAT DATANG DI BLOG GETA PAKPAK